Tuesday, February 21, 2017

5 Modal Utama Menembus PKN STAN 2017, CATAT!!!


Berdasarkan pengalaman saya sendiri dan teman-teman lain yang alhamdulillah sukses menembus ketatnya seleksi masuk PKN STAN, ada beberapa hal menarik yang saya amati. Dulu banyak yang bilang STAN itu khusus untuk orang yang puuuinter-puinter banget yang bisa masuk, tapi saat saya kuliah disana dan melihat kemampuan kepinteran teman-teman saya, kayaknya terlalu berlebihan deh syarat harus puinter-puinter itu hahaha. contohnya saya sendiri ajalah, waktu SMA saya terkenal biasa-biasa aja, suka bolos, dan nilai 6 dari 100 untuk pelajaran Fisika masih terngiang sampai sekarang. Namun alhamdulillah saya 2 kali diterima di PKN STAN, yang pertama Jurusan Diploma 1 Kepabeanan dan Cukai, setelah lulus dan menjadi PNS di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, saya kembali lolos dan diterima di Jurusan D III Kurikulum Khusus Akuntansi yang diperuntukan untuk pegawai lulusan Diploma I STAN. Jadi yang penting kita tuh tahu “kuncinya” agar temen-temen bisa cusssss masuk PKN STAN, kunci yang saya maksud disini adalah modal dan strategi utama yang harus dimiliki sebelum berperang di ujian. Layaknya dalam sepakbola, sebelum bicara strategi permainan, yang harus dimiliki suatu kesebelasan adalah modalnya dahulu yaitu si pemain, apabila mempunyai pemain yang bagus akan berefek pada berjalannya strategi yang diterapkan. Nah untuk menembus PKN STAN 2017 pun juga harus mempunyai modal dulu lah brayyy, bukan uang bukan sihir tapi 5 Modal Utama ini lah yang wajib kamu miliki ketika kamu benar-benar pengen menembus ketatnya USM PKN STAN 2017,

1.    NIAT ,YAKIN, DAN OPTIMIS

Modal paling utama adalah NIAT benar –benar ingin lolos PKN STAN tahun ini ! Faktanya sangat banyak sekali yang mendaftar di PKN STAN, ratusan ribu orang mendaftar,  tapi tapi tapi dan tapi kebanyakan cuma coba-coba. Kalo kamu coba- coba sama aja kamu itu masih setengah hati brooo, ngapain kamu ngabisin waktu dan harapan untuk hal yang kamu sendiri masih setengah hati ngelakuinnya.  Jadi buat kamu yang sedang membaca ini, Booster niat kamu, niat niat - enggak enggak, PD aja, dan optimis maksimal, yang daftar sih banyak sampai  100 ribuan , tapi yang bener-bener niat itu palingan 10 ribu aja, itu mindset gue dulu, jadi kamu sebenarnya hanya melawan 10 ribu bukan 100 ribu, yang lain cuma penggembira.

2.    RENCANA

“Orang pintar kalah dengan orang bodoh yang punya rencana”, saya sangat menyukai kata-kata ini, karena saya sendiri sering mengalaminya. Banyak temen-temen saya yang menyandang gelar lulusan terbaik waktu SMA mendaftar di PKN STAN dan ternyata eh ternyata tidak lolos, nah malahan gue siswa level penggembira bisa membuat temen-temen gue kaget bukan kepalang karena lolos PKN STAN. Rahasianya adalah gua punya “rencana” langkah demi langkah yang harus dilakukan sehingga tujuan gue tercapai. contoh rencana gue waktu tes dulu seprti ini:
1.   Pertama, kenali apa itu STAN, hingga bener-bener yakin itu adalah passionmu
2.   Pahami Alur test STAN tahun sebelumnya, setidaknya punya gambaran
3. Download/Beli Buku Materi dan Soal 10 Tahun terakhir dan Soal latihan yang diujikan sebanyak-banyaknya (Fokus ke tes yang pertama yaitu TPA dan Bahasa Inggris dulu)
4.   Jadwal Belajar, satu hari dibagi 2 sesi, sesi pertama pelajari materi TPA dan soal-soalnya, sesi kedua pelajari yang  bahasa inggris (untuk waktu dan lamanya bisa disesuaikan, yang penting rutin dan disiplin)
5. Setiap 4 hari sekali melakunan Try out mandiri , dari waktu dan suasananya samakan dengan tes sebenarnya agar melatih mental, strategi, dan pengalaman.
6.    Catat soal-soal yang sering salah, pahami materinya

3.    DISIPLIN

Sehebat apapun niatmu, Sedahsyat apapun rencanamu akan percuma tanpa kedisiplinan. Mungkin ada waktu dimana kamu bosan, capek, dan males untuk berproses,namun mulai sekarang jangan manjakan dirimu yang kuat itu, disiplin laksanakan rencanamu , banyak sainganmu yang terus dan terus berusaha untuk mencapai mimpinya di PKN STAN, ingatlah kata ini “ketika kamu sedang bermalas malasan, puluhan ribu sainganmu sedang belajar apa yang kamu tinggalkan”




4.    SUKAI SEMUA MATERI

Pada tahap test pertama yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris, untuk materi TPA terdiri dari  kemampuan verbal, teks bahasa Indonesia, kuantitatif, dan kemampuan penalaran, sedangkan materi bahasa inggrisnya terdiri dari structure and written expression (kemampuan tata bahasa), error recognition (mencari  kata tang salah), dan reading comprehension (memahami teks). Dari materi diatas pasti ada yang tidak kita sukai, kenapa tidak suka? Jawabnya ya karena kita tidak menguasai materi tersebut. Kebanyakan temen-temen tidak terlalu menguasai bahasa inggris, solusinya ya gampang tinggal pahami materi grammar diselingi praktik latihan soal- soal yang ada pembahasannya, awal- awal sangatlah wajar jika jawaban temen-temen banyak yang salah, tapi lama-kelamaan akan mulai banyak yang benar sehingga kepercayaan diri akan meningkat, sehingga kita malahan mencintai materi ini. Jadi jangan sampai ada takut ya karena gak suka materi tertentu, kuasai dengan praktek soal terus menerus, gampang kok.

5.    IRINGI DENGAN DOA

Semua hal terjadi karena Allah, setiap melakukan hal dari no.1 sampai 4 haruslah diiringi dengan mendekatkan diri dengan sang pencipta, agar jiwa dan pikiran menjadi damai dan tentram sehingga apa yang kita pelajari lebih mudah masuk tapi susah keluar. Gue percaya orang yang diterima di PKN STAN adalah orang-orang yang beruntung, tapi si keberuntungan “lebih senang” hinggap pada orang-orang yang mau berusaha ekstra. Jujur waktu saya mendaftar PKN STAN pertama kali setelah lulus SMA saya melaksanakan “modal” diatas diiringi hal-hal yang intinya mendekatkan diri kepada Allah seperti puasa dan sholat sunah, nahhh saat waktu ujian tiba ternyata soalnya wowwww zonk sekali hingga gue banyak jawab secara asal-asalan, dalam hati kalo dilihat cara gue jawab tuh soal kayaknya gak bakalan lolos deh, namun gue tetap percaya Allah bakal ngasih yang terbaik buat gue yang sudah berusaha extra, and finally alhamdulillah gue lolos PKN STAN waktu itu, keberuntungan yang tidak mungkin dilupakan sampai sekarang, dan gue juga yakin ini berkat iringan doa dari orangtua gue tercinta.


Itulah tadi 5 modal super menembus PKN STAN versi gue, mungkin temen-temen mendengar versi cerita lain untuk bisa menembus PKN STAN, ada yang coba-coba eh malah masuk, ada yang belajarnya santai, bahkan ada yang  gak niat  sama sekali tapi tetep aja bisa masuk, tapi saya yakin sangat lebih banyak orang yang emang niat, disiplin, berusaha ektra dan diiringi doa yang diterima masuk PKN STAN, dan nanti salah satunya adalah kamu. 

2 comments:

  1. Sangat memotivasi sekali ceritanya kak, mudah-mudahan aku pun bisa mejadi salah satu mahasiswi PKN STAN 2018. Aamiin..

    ReplyDelete