Monday, February 13, 2017

Bongkar Abis 6 Jurusan Elite di PKN STAN 2017



Di postingan gue sebelumnya yang BOOMMMB !!! Jurusan Hingga Gaji Lulusan PKN STAN ada pertanyaan gimana milih jurusan atau Program Studi yang recomended, karena agak panjang jawabnya maka gue sediain postingan khusus tentang hal itu. Ok langsung aja, untuk memilih jurusan yang kece gue akan jelasin aja deh satu persatu jurusan dan prospek setelah lulus kemanakah mereka pergi. Kita review daftar Prodi di PKN STAN dahulu, nih daftarnya
1.       Program Studi Diploma I dan III Kebendaharaan Negara (KBN)
2.       Program Studi Diploma I dan III Kepabeanan dan Cukai
3.       Program Studi Diploma I dan III Pajak
4.       Program Studi Diploma III Akuntansi
5.       Program Studi Diploma III Manajemen Aset
6.       Program Studi Diploma III Pajak dan Bumi Bangunan/Penilai

    1. Kebendaharaan Negara


 Hasil gambar untuk PEGAWAI DJPBN

Gue jelasin urut aja  dari awal, yaitu Prodi Diploma I dan III Kebendaharaan Negara, untuk Diploma I tuh ya lama pendidikannya cuma 1 tahun (2 semester) sedangkan Diploma III lama pendidikannya selama 3 Tahun (6 Semester). Jurusan dengan pita merah dileher ini keren lho, karena diharapkan mahasiswanya itu kompeten dalam hal yang berkaitan dengan kebendaharaan negara seperti mengenai APBN, Pengadaan Barang Jasa,  APBD, Aset Inventaris, dan Pendanaan Negara. Jadi jurusan ini biasanya cocok untuk temen-temen yang suka menghafal, karena materi perkuliahannya tidak lepas dari peraturan perundang-undangan yang kalo dalam Keuangan Negara itu banyak banget dan update terus tiap waktu. Lulusan mahasiswa Prodi Kebendaharaan Negara nantinya mayoritas akan ditempatkan pada Direktorat dibawah Kementerian Keuangan yaitu  Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang bertugas mengelola keuangan negara dan Direktorat Jenderal Anggaran yang tugas utamanya menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

2. Kepabeanan dan Cukai


Hasil gambar untuk foto pegawai bea cukai

Gambar kece diatas adalah Pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menggunakan seragam Pakaian Dinas Lapangan saat melaksanakan tugas pengawasan, Direktorat ini cukup unik karena merupakan satu-satunya Direktorat dibawah Kementerian Keuangan yang menggunakan seragam dinas saat sedang menunaikan tugasnya, Bea Cukai semakin terkenal luas di kalangan masyarakat ketika tugas dan fungsinya disiarkan di pertelevisian nasional yang berjudul “Customs Protection” di NET. TV bersaing dengan “86” nya POLRI. Bagi temen-temen yang pengen kayak mas-mbak diatas maka Jurusan Prodi Diploma I dan III Kepabeanan dan Cukai haruslah yang dipilih. Mata Kuliah Prodi ini kebanyakan berkutat pada hal yang berkaitan dengan pelayanan dan pengawasan negara dalam kegiatan impor, ekspor, dan Barang Kena Cukai (seperti rokok dan minuman mengandung alkohol) serta penghitungan pungutan negara terkait kegiatan tersebut tentunya. Nah di jurusan ini sistem pendidikannya semi militer ditandai dengan satu-satunya jurusan di PKN STAN yang mempunyai seragam khusus sendiri sehingga diharapkan lulusannya menjadi bukan hanya pintar secara akademik tetapi juga memiliki rasa disiplin, badan yang fit serta punya jiwa rasa korsa. Memang kalo bicara mengenai ekspor impor atau perdagangan internasional kemampuan untuk bisa berbahasa inggris cukuplah penting, tapi kalo kamu masih level yang meraba-raba dalam berbahasa inggris, santai aja banyak kok mahasiswa ataupun lulusannya masih ancur kemampuan bahasa inggrisnya, nanti akan terbiasa sendiri saat sudah turun di dunia kerja.


3. Pajak



Selanjutnya adalah Prodi Diploma I dan III Pajak, Kalo denger kata “pajak” apa yang ada di pikiran kalian hayooo? Kebanyakan akan menjawab si Gayus, tetapi tenang di PKN STAN kalian tidak diajarkan menjadi  Gayus "sang penghianat" almameter kami, tetapi kalian akan bangga karena kalian akan diajarkan mengenai perpajakan, yaitu hal-hal mengenai pungutan wajib dari rakyat untuk negara untuk kepentingan umun atau orang banyak. Mata kuliah di jurusan ini banyak yang terkait peraturan-peraturan di bidang perpajakan dan akuntansi, jadi harus terbiasa menghafal dan menggunakan nalar . Lulusan jurusan ini mayoritas akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak di bawah Kementerian Keuangan, dan yang perlu diketahui pajak adalah sumber utama penerimaan negara, jadi Direktorat Pajak itu seperti bapak di Negara ini yang tugasnya mencari nafkah agar negara dan masyarakatnya jadi sejahtera. Tugas dan resiko yang sangat berat inilah yang membuat pegawai pajak memperoleh penghasilan sedikit diatas pegawai-pegawai Kementerian Keuangan lainnya. Jadi recomended buat  kamu yang ingin jadi PNS bergaji cukup tinggi, tapi ingat penghasilan tinggi, resiko juga tinggi ya.

4. Akuntansi



Prodi Diploma III Akuntansi  merupakan jurusan mayoritas di PKN STAN, karena mahasiswanya yang terbanyak dibandingkan dengan jurusan yang lain. Di jurusan ini kita akan dilatih mengenai akuntansi, seperti penjurnalan, pencatatan, pelaporan, audit, dan banyak deh pokoknya. Akuntansi banyak sekali itung-itungan dan penalarannya lho temen-temen, jadi bagi kamu yang suka itung-itungan, ngoprek-ngoprek rumus, jurusan ini cocok buat kalian yang mana kalo ujian dibolehkan pake kalkulator saking banyaknya soal itung-itungan. Yang juga unik dari jurusan ini yaitu berbeda dengan jurusan-jurusan yang telah disebutkan diatas karena untuk lulusannya menyebar ke seluruh Direktorat dibawah Kementerian Keuangan, jadi  lulusannya bisa ditempatkan di Direktorat Pajak, Bea Cukai, DJA, DJPBN ataupun eselon I lain dibawah Kemenkeu. Ya jadi itu menurut gue sedikit kekurangannya karena umpama aku jurusan Kepabeanan dan Cukai hampir pasti aku penempatan kerjanya ya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, nah kalo Akuntansi kita belum tahu nanti kira-kira penempatan kerjanya dimana.

 5. Manajemen Aset



Sekarang Kita membahas Prodi Diploma III Manajemen Aset, jurusan ini menggantikan  jurusan Piutang Lelang Negara akibat transformasi STAN yang menjadi PKN STAN, sehingga namanya ikut-ikutan berubah menjadi jurusan Manajemen Aset. Kebalikan dari Akuntansi, ni jurusan termasuk yang paling sedikit jumlah mahasiswanya di PKN STAN, jadi susah banget ketemu mahasiswa jurusan Manajemen Aset di Kampus karena saking langkanya mereka hehehe. Mata kuliah di jurusan Manajemen aset lebih menjurus pada pengelolaan aset-aset milik negara seperti gedung, tanah, sampai dengan kendaraan, bagaimana menjaga aset negara tersebut agar mempunyai nilai tetap tinggi dan mempunyai usia penggunaan yang lebih lama, hingga melakukan pelelangan aset negara yang nantinya hasil dari pelelangan disetor ke kas negara sebagai sumber keuangan negara. Lulusan pasukan khusus pengelola aset negara yang kece ini mayoritas akan ditempatkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara di bawah naungan Kementerian Keuangan.


6. Pajak Bumi dan Bangunan / Penilai



Yang terakhir adalah Prodi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/ Penilai, setiap jurusan memiliki sisi uniknya masing-masing yang mungkin membuat kita sangat tertarik berkecimpung memasuki dunia PKN STAN, nah untuk jurusan ini juga wooow wuunik tenan karena satu-satunya di PKN STAN yang mempunyai sistem pendidikan agak mengarah ke teknik dan diharapkan mahasiswanya dapat menentukan nilai suatu obyek seperti gedung dan bangunan dari yang modelnya sederhana hingga yang paling rumit sekalipun. Dan yang bikin WOWWWWWW lagi ternyata jurusan penilai ini cuma ada satu-satunya di Indonesia, padahal kebutuhan akan seorang penilai baru-baru ini sangat pesat baik pemerintah maupun swasta, sehingga jurusan ini mempunyai nilai “plus plus” sendiri. Lulusan jurusan ini nantinya akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak untuk menilai besaran nilai pajak pada tanah maupun bangunan, dan di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara untuk menilai Aset negara tentunya


Itulah tadi 6 jurusan di PKN STAN yang telah gue bongkar abis-abisan hehe, yaaaa setiap jurusan mempunyai kelebihan, kelemahan, keunikan dan resikonya masing-masing. Sekarang tergantung temen-temen yang mungkin mimpinya harus dimulai langkahnya di PKN STAN, pilihlah sesuai keinginan dan kemampuan kalian. Menurut pandangan gue kalo kalian lebih suka pekerjaan yang bersifat lapangan, jurusan Kepabeanan dan Cukai serta Penilai lah yang paling cocok ,pengen penghasilan yang sedikit lebih gede dari yang lain yaaa pilih pajak atau Kepabeanan dan Cukai juga bisa, tapi ya itu resiko kantornya tersebar sampai pelosok indonesia, walaupun namanya resiko bisa terjadi atau tidak. Jadi tanpa mengecilkan jurusan lain kalo harus milih  karena gue harus blak-blakan disini maka akan gue sebut jurusan Kepabeanan dan Cukai, Pajak, dan Pajak Bumi dan Bangunan/ Penilai sebagai pilihan utama bila mendaftar PKN STAN.  

37 comments:

  1. maaf kak,saya izin bertanya, kalau stan itu apakah bisa memilih 3 jurusan atau hanya 1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di stan itu sistemnya bukan memilih 3 atau salah satu jurusan dek, tapi kita hanya mengurutkan jurusan dari yang paling kita mau sampe ke pilihan terakhir, jadi kita bebas memasukkan semua jurusan sesuai urutan prioritas kita sendiri, tinggal jurusan bea cukai yang kamu bisa milih kalau lulus batas tinggi badan sama minus/plus maksimal 2 dioptri, kalau kamu lulus kriteria itu, berarti kamu bisa milih semua jurusan dan tinggal mengurutkan :)

      Delete
    2. Per tahun 2018 calon mahasiswa STAN hanya bisa memilih 3 jurusan

      Delete
    3. Kalau minus 1,25 tapi ada silinder bisa tidak kak?

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Kak aku mau nanya usm stan itu bulan apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap tahunnya berbeda ya. silahkan update infonya di website resmi PKN-STAN di pknstan.ac.id

      Delete
  4. Kak.. kalo masuk manajemen aset itu persyaratan mata minus dan silindris nya minimal berapa ya?? Trmkasih..

    ReplyDelete
  5. Kakak jurusan apa kak? Hehe klo boleh tau

    ReplyDelete
  6. Kakak jurusan apa kak? Hehe klo boleh tau

    ReplyDelete
  7. Jurusan yang paling ketat persaingannya sewaktu usm apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya ketat persaingannya. tergantung jurusan dengan peminat dan peluang masuknya

      Delete
  8. Apakah boleh daftar di stan tapi pake kacamata minus...katax ga boleh berkaca mata ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu ku si boleh. Kecuali yang bea cukai maksimal minus 2

      Delete
  9. aku gak seberapa ngeri ttg stan,jd mau tanya. Persebaran wilayah kampusnya itu gimana dan dimana? Jelasin sedikit tolong🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau d1 itu di diklat keuangan kota kota besar, d3 itu di Jakarta doang

      Delete
    2. sejak tahun 2017, kegiatan perkuliahan terpusat di kampus PKN-STAN. berlokasi di bintaro, tangerang selatan, banten. balai diklat keuangan di daerah bukan lagi digunakan untuk kegiatan perkuliahan

      Delete
  10. Kak kalo manajemen aset itu maksimal minus sama silindris berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada maksimalnya ya. syarat maksimal minus/plus/silindris 2.0 dioptri hanya untuk jurusan kepabeanan dan cukai

      Delete
  11. Kak kalo kita udah lulus dari pkn stan kmudian ditempatkan kerja,nah kerja nya itu berapa tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. (3n+1) misal kamu ambil DIII pajak maka harus 10 tahun masa kerja

      Delete
  12. kak kalau perempuan di kepabeanan dan cukai kan harus D1, nanti kerjanya di lapangan?

    ReplyDelete
  13. kak kalau perempuan di kepabeanan dan cukai kan harus D1, nanti kerjanya di lapangan?

    ReplyDelete
  14. Ka kalo jurusan yang dikit hitungannya apa.

    ReplyDelete
  15. Kak mau tanya, kalau kita lebih minat ke matapelajaran yang hitung²an itu sebaiknya pilih jurusan apa ya kak di pkn stan?

    ReplyDelete
  16. Kak mau nanya dong, kalo masuk STAN itu syaratnya apa aja ya kak?

    ReplyDelete
  17. Ka kalo kita ambil D1 pajak nanti kerja di lapangan apa bedanya sama yg D3?

    ReplyDelete
  18. Kak kenapa manajemen aset sedikit peminatnya?

    ReplyDelete
  19. kak apakah jurusan syarat masuk pkn stan rata2 nilai lapornya harus 70?

    ReplyDelete
  20. Kak Apakah buta warna parsial bisa masuk STAN / manajemen aset, akutansi atau pajak, terimakasih

    ReplyDelete
  21. Kak, apakah buta warna parsial bisa masuk STAN jurusan akutansi atau manajemen aset, terima kasih

    ReplyDelete
  22. Kak mau tanya,klo kita nanti daftar ke STAN,aku baca2 katanya ada tes kebugaran gitu ky lari.Itu berarti selama tes itu kita harus ke jakarta ya kak?berarti bukan online ya?

    ReplyDelete
  23. Kak kalau di STAN itu kita bisa nyambi kerja ga si?

    ReplyDelete
  24. Di STAN mata kuliah yng gak banyak ngitung² nya apa?

    ReplyDelete