Monday, February 27, 2017

Soal dan Pembahasan Lengkap USM STAN Tahun 2000 -2016


Helooo pejuang staners, gimana udah punya modal utama biar cussss diterima di PKN STAN 2017 belum? pada postingan 5 Modal Utama Menembus PKN STAN 2017, CATAT!!! kita harus mempunya gambaran mengenai soal-soal seperti apa  yang akan diujikan nantinya, ujian PKN STAN dibagi menjadi 3 yaitu :
  1.  Tes tertulis ( Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris
  2.  Tes Kesehatan dan Kebugaran
  3.  Tes Kemampuan Dasar

tiap tahapan tes dilaksanakan pada waktu yang berbeda dan dikenakan sistem gugur, jadi peserta Tes Kesehatan dan Kebugaran adalah peserta yang lolos dari mautnya tes tertulis, dan begitupun juga peserta Tes Kemampuan Dasar adalah  terdiri dari peserta yang lolos dari Tes Kesehatan dan Kebugaran.

Tahapan tes yang diujikan pertama kali adalah Tes tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik  (TPA) dan Tes Bahasa Inggris, tahapan tes ini terkenal paling seremmm diantara yang lain karena banyaknya peserta yang gugur, pada tahun 2016 dari total jumlah peserta ujian yang berjumlah Rp112.666 hanya 7.576 yang berhasil dan dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Tes Kesehatan dan Kebugaran.

Benarkah Tes Tertulis seseremmm itu? Jawabannya “TIDAK”, ya sekali lagi “TIDAK” , karena pada tahapan ini banyak peserta  gugur yang mayoritas adalah sang  penggembira  yang hanya coba-coba mendaftar di PKN STAN, masih inget mindset gue kan? Bahwa dari ratusan ribu hanya 10.000 peserta yang benar-benar niat mendaftar di PKN STAN, jadi aslinya tuh ya dari 10.000 hanya 7.576 peserta yang lolos, soo 75% lebih adalah presentase kesempatan kamu lolos tahapan tes ini apabila

Gambaran mengenai tes yang diujikan sangat penting karena kita bisa mengetahui tipe soal hingga materi yang harus dipelajari sebagai modal menghadapi ujian PKN STAN, gambaran soal sendiri bisa diketahui dengan cara 3 M yaitu Melihat, Mengerjakan, dan terakhir Mengevaluasi soal-soal ujian 10 tahun terakhir. 3 M yang pertama yaitu “melihat”, artinya kita harus mengetahui soal-soal tahun sebelumnya dengan cara mendownload ataupun membeli buku-buku tips mengerjakan ujian PKN STAN yang sudah banyak beredar di pasaran, tapi kalo menurut gue mending download deh, gratis-tis-tis kayak kuliahnya hehe. Yang kedua adalah “mengerjakan”, setelah kita memiliki soalnya ya pastilah harus kita kerjakan, untuk awal-awal jangan diwaktu dulu gak papa dan jangan kaget kalo kalian bingung, karena itu normal bagi otak yang kita yang sedang menerima hal yang mungkin baru buat kalian, dan setelah berkali-kali melakukannya pasti kamu akan tahu gambaran soal PKN STAN seperti apa. Dan 3 M yang terakhir adalah “mengevaluasi”, setelah sering mengerjakan soal-soal maka kamu akan tahu materi-materi apa yang sering muncul pada setiap ujian, dan memang tiap tahun materinya hampir sama, jadi kamu dapat evaluasi sektor kelemahan kamu di materi yang mana, dan lihat perkembanganmu berapa nilai setiap ujian yang kamu kerjakan.

Nah untuk soal Ujian USM STAN 10 tahun terakhir  download secara gratis aja disini  












No comments:

Post a Comment