Wednesday, February 8, 2017

BOOMMMB !!! Jurusan Hingga Gaji Lulusan PKN STAN

          Politeknik Keua ngan Negara STAN atau disingkat PKN STAN, merupakan kampus plat merah dibawah naungan Kementerian Keuangan dimana putra putri terbaik bangsa ditempa untuk menjadi punggawa Keuangan Negara yang handal dan profesional, sehingga pengelolaan keuangan negara untuk  setiap penyelenggaraan negara dapat maksimal yang bermuara  tujuan berbangsa dan negara  dapat tercapai. Wiiiih, keren juga ya PKN STAN hehe, oh ya PKN STAN merupakan perubahan transformasi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN, transformasi ini terjadi pada tahun 2016 sehingga level STAN meningkat dari sekedar perguruan tinggi kedinasan menjadi setara dengan institusi perguruan tinggi lainnya di Indonesia  dan nantinya jenjang pendidikan yang semula hanya sampai D IV akan bisa bertambah sampai doktoral. Jadi masih anget-angetnya, dan gak heran masih banyak orang yang menyebutnya STAN daripada PKN STAN.



      Nah pada kesempatan ini gue pengen share beberapa hal yang mungkin temen-temen masih bingung seputar  dunia PKN STAN hehe, mungkin banyak temen-temen yang bertanya tentang
 1.   Kuliah di PKN STAN gratis atau bayar sih?
 2. Ada berapa jurusan, jurusan paling recomended apa ya?
 3.   Lulus langsung PNS?
 4.  Gajinya berapa kalo udah lulus, hehe?
Nah kita mulai dari pertanyaan yang pertama, kira-kira kuliah di PKN STAN itu gratis atau enggak ya? jawabannya adalah GRATIS-TIS-TIS-TIS-TIS, jadi kalo kamu keterima di sana, tidak dikenakan biaya apapun, dapat buku gratis, dan juga uang saku, weenak tow. Nah biaya-biaya tadi tuh sebenarnya ditanggung negara, jadi intinya negara yang bayarin biaya kuliah, maka kalo temen-temen nanti keterima di PKN STAN, belajar yang rajin jangan aneh-aneh yo, kalian kuliah dibiayai dari duit rakyat loh.
Yang Keduaaa, di PKN STAN ada beberapa jurusan atau program studi yang mana mungkin ada di perguruan tinggi lain dan ada juga program studi yang hanya khusus ada di PKN STAN. Pada tahun 2016 PKN STAN membuka pilihan prodi sebagai berikut :
- Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara
-Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai
-Program Studi Diploma I Pajak
-Program Studi Diploma III Akuntansi
-Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara
-Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai
-Program Studi Diploma III Manajemen Aset
-Program Studi Diploma III Pajak
-Program Studi Diploma III Pajak dan Bumi Bangunan/Penilai



Dari semua jurusan itu mempunyai kelebihan dan keunikan masing-masing , tapi bagi kamu yang suka  agak kemiliteran ya pilih jurusan Kepabeanan dan Cukai, karena jurusan ini agak lebih unik dibanding yang lain, karena nanti kepala harus plontos hingga punya seragam khususnya sendiri, jadi mirip-mirip dikit kayak AKMIL/AKPOL gitu. Nah untuk jurusan yang lain mungkin kita bisa bahas di postingan selanjutnya aja, banyak soalnya hehehe.  Bongkar Abis 6 Jurusan Elite di PKN STAN

Yang Ketigaaa, berkumpullah dengan orang sholeh, hehe kok jadi lagu tombo ati,pertanyaan ini biasanya yang banyak orangtua pertanyakan, lulusan PKN STAN nanti langsung jadi PNS apa enggak sih, karena mungkin gak sedikit orangtua yang bercita-cita  anaknya jadi PNS, supaya hidupnya terjamin sampai tua (katanya). Dan jawabannya adalah yupps, lulusan PKN STAN nantinya akan diangkat menjadi PNS di bawah Kementerian Keuangan, seperti Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Pajak, dan masih ada yang lain, alurnya gini nih setelah wisuda kelulusan,nanti kalian akan melaksanakan On Job Training atau magang  beberapa bulan, selanjutnya kalian akan diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan akhirnya setelah 1-2 tahun masa CPNS akan disumpah untuk menjadi abdi negara PNS seutuhnya.

Yang Keempat, Gajinya berapa kalo udah lulus PKN STAN? Jujur ini pertanyaan yang agak-agak sensitif, karena mungkin ada yang gak nyaman kalo penghasilannya dibuka secara terang benderang, atau mungkin takut kalo temen-temen nanti malah kalo kerja orientasinya pada duit,duit,dan duit. Tapi saya akan buka disini, karena sekarang eranya transparansi  serta gaji PNS juga bukan rahasia negara kok hehe, sebenarnya juga udah banyak sih peraturan-peraturan negara yang diupload di jagad maya yang berkaitan dengan nilai gaji PNS. Jadi gini, nanti ketika sudah lulus dan jadi pegawai selain gaji, kalian akan mendapatkan tunjangan-tunjangan dan uang makan, kira-kira untuk titik awal atau start penghasilan PNS di Kementerian Keuangan rata-rata antara Rp6.000.000-Rp7.000.000, penghasilan sebesar itu udah lebih dari cukup  buat keperluan sehari-hari dan ditabung kan hehe. Sebenarnya setiap penghasilan yang diterima pasti terdapat resiko-resiko dari pekerjaan itu, semakin tinggi penghasilan biasanya semakin tinggi juga resikonya, buat temen-temen yang masih SMA/SMK atau masih mencari jatidiri, cari dan kejar cita-cita sesuai keinginan dan kemampuan kalian, kalo kalian masih bingung nanti mau kuliah dimana jurusan apa , jangan sampe cuma ikut-ikutan temen-temen yang ambil kuliah atau jurusan tersebut, kalianlah yang wajib harus tahu keinginan, kemampuan, dan kelebihan diri sendiri. Nah jika cita-cita kalian bisa diraih lewat PKN STAN, ayo kita belajar bersama-sama.

No comments:

Post a Comment